Read Time:1 Minute, 43 Second

MotoGP Jepang bakal digelar akhir pekan ini. Ducati mengusung misi kemenangan demi memenuhi ambisi meraih triple crown alias tiga mahkota juara musim ini.

Kejuaraan Dunia MotoGP 2022 telah memasuki fase akhir. Balapan ke-16 dari total 20 seri musim ini akan dilangsungkan di Sirkuit Motegi, Jepang.

Kemenangan Enea Bastianini (Gresini Racing) pada seri terakhir di Aragon, Minggu (18/9/2022), membuat Ducati bisa menyegel status juara dunia konstruktor musim ini.

Usai GP Aragon, Ducati memuncaki klasemen konstruktor dengan nilai 346. Mereka unggul jauh atas Aprilia yang menempati peringkat kedua dengan raihan 217 poin.

Dengan lima seri tersisa, selisih 129 poin yang dimiliki Ducati sudah tak bisa dikejar oleh Aprilia.

Itu adalah gelar juara dunia konstruktor keempat atau ketiga secara beruntun yang diraih Ducati pada era MotoGP.

Sebelumnya, pabrikan asal Bologna, Italia, itu sukses meraih gelar juara dunia konstruktor pada musim 2007, 2020. dan 2021.

“Kami sangat senang bisa memenangi gelar konstruktor ketiga kami secara berturut-turut atau yang keempat dalam sejarah Ducati di MotoGP,” kata sang manajer, Gigi Dall’Igna.

“Saya ingin berterima kasih kepada semua pebalap dan staf Ducati yang telah bekerja sangat keras untuk mencapai kesuksesan ini.”

“Sekarang kami bisa fokus pada gelar pebalap. Kami tertinggal 10 poin di belakang pemimpin (klasemen) dan masih ada lima balapan tersisa sehingga semuanya masih terbuka,” tutur Dall’Igna.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Aragon 2022

Setelah mengamankan gelar konstruktor, Ducati memang masih punya kans meraih dua titel lainnya yaitu juara pebalap dan tim.

Untuk klasemen tim, skuad Ducati Lenovo Team saat ini bertengger di posisi puncak dengan koleksi 335 poin.

Tim yang musim ini digawangi Francesco Bagnaia dan Jack Miller tersebut unggul 37 poin atas Aprilia Racing Team yang menghuni peringkat kedua.

Sementara di klasemen MotoGP 2022 kategori pebalap, Francesco Bagnaia (201) cuma berjarak 10 poin dari rider Yamaha, Fabio Quartararo, yang saat ini menguasai posisi puncak.

Pekan lalu, Bagnaia harus puas finis kedua di Aragon sekaligus memutus rentetan empat kemenangan beruntun miliknya.

Kini, Bagnaia punya kesempatan untuk memangkas atau bahkan menyalip poin Quartararo pada MotoGP Jepang.

Adapun balapan MotoGP Jepang 2022 bakal diselenggarakan pada Minggu (25/9/2022) akhir pekan ini.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.