breaking news

Loyal pada Budaya, Nyaman, dan Peduli Lingkungan

June 24th, 2018 | by bento bento
Loyal pada Budaya, Nyaman, dan Peduli Lingkungan
Business
0

BICARA kantor idaman anakanak masa kini, tak salah jika berkunjung ke OLX, perusahaan penyedia platform iklan baris online terbesar di Indonesia.

Kantor ini dibangun dengan nuansa modern kontemporer yang didominasi warna abu-abu juga warna dari logo perusahaan sendiri, yakni ungu, hijau, dan oranye. Saat berdiri di lobi kantor, maka dapat dilihat perbedaan nuansa kantor antara sayap kanan yang terlihat seperti kepulauan dan sayap kiri yang lebih bernuansa rumah khas Eropa.

Di sini bisa ditemui beberapa ruangan rapat yang dinamai pulau-pulau di Indonesia. “Saat kantor ini dibangun, kami berpesan pada arsitek dan desain interior untuk mempertahankan budaya Indonesia meskipun OLX merupakan perusahaan global.

Beberapa ruang meeting kami namai pulaupulau yang ada di Indonesia lengkap dengan pernak-pernik khas dari pulau tersebut,” sebut Manajer PR dan Sosial Media OLX Amelia Virginia. Nah, fasilitas apa saja sih yang diberikan OLX untuk karyawannya? GEN SINDO meliputnya untuk kalian.

Ruang Toraja
Salah satunya adalah ruang Toraja, di depan ruangan dihias dengan kain khas Toraja dan terdapat kopi asli Toraja yang diletakkan di dalam karung tepat di sisi pintu masuk ruangan. Selain menggunakan nama pulau, kantor yang selalu menyediakan buah-buahan untuk karyawannya ini pun menamai ruang rapatnya dengan nilai-nilai organisasi.

Foyer
Saat memasuki area kantor terdapat foto-foto karyawan yang disusun dalam balok-balok kayu. Kantor dengan konsep industrial ini pun dibuat terbuka tanpa sekat. Hal ini dimaksudkan untuk memutus rantai birokrasi sehingga dapat mengambil keputusan dengan cepat. Jika ada yang memerlukan ruang rapat kecil atau menerima panggilan telepon, para karyawan dapat menggunakan Phone Both sehingga terbebas dari gangguan dan keributan.

Breakout Area
Area tersebut dapat digunakan untuk bersantai pada waktu istirahat, makan, ataupun ingin rapat dengan suasana santai. Di area ini terdapat PlayStation (PS) yang disediakan lengkap dengan CD-nya. Selain itu, para karyawan dapat bersantai di ayunan sambil meminum kopi dan berbagai minuman. Berolahraga pun dapat dilakukan di area tersebut karena dilengkapi dengan arena tenis meja.

Pantry
Kawasan yang berdekatan dengan breakout area ini diperuntukkan bagi karyawan yang ingin melepas penat dengan minuman dan kudapan yang tersedia. Karyawan bebas menyeduh kopi dan teh juga minuman yang ada di lemari es. Semuanya disediakan secara gratis. Platform iklan baris dengan 23 juta pengguna aktif ini memiliki tantangan besar untuk mengubah paradigma masyarakat Indonesia terhadap barang bekas.

“Banyak masyarakat yang belum sadar bahwa barang bekas yang mereka miliki dapat memberikan manfaat lebih bagi orang lain. Kalau punya manfaat untuk orang lain, kenapa enggak dibuka peluang yang lebih jauh dengan menjual barang bekas tersebut. Saat seseorang mendapatkan barang dengan cara membeli akan tumbuh rasa untuk memelihara barang tersebut jika dibandingkan dengan diberikan barang secara cuma-cuma.

Tentunya melakukan kegiatan tersebut bukan dengan niat mencari keuntungan sehingga kedua belah pihak akan merasa diuntungkan atas kesepakatan jual-beli tersebut,” sebut Amelia. Jika hal tersebut diperhatikan oleh masyarakat, maka masyarakat menjadi berdaya dan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Tak hanya itu, dalam jangka panjang penggunaan kembali barang bekas akan mengurangi jumlah sampah yang ada. Setiap tahun OLX mengadakan Juni Environment Day yang dilakukan di India. Kegiatan tersebut menghitung jumlah karbondioksida di seluruh dunia yang dapat dikurangi dengan penjualan barang bekas sebagaimana campaign OLX sendiri.

PUTRI INDAH TRESNAWATI
GEN SINDO-Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *