breaking news

Kejar Dana Asing Masuk ke RI, Bank Indonesia Terbitkan Lagi SBI

July 24th, 2018 | by bento bento
Kejar Dana Asing Masuk ke RI, Bank Indonesia Terbitkan Lagi SBI
Business
0

Bank Indonesia telah mengaktifkan kembali Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dengan tenor sembilan dan 12 bulan guna menstabilkan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat. SBI itu sudah dilelang sejak kemarin.

Kepala Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia, Nanang Hendarsah mengatakan, SBI ini diluncurkan sebagai variasi instrumen surat berharga selain Surat Berharga Negara (SBN) dan instrumen lainnya.

Meskipun tujuannya untuk memperkuat nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, Nanang mengungkapkan dampaknya terhadap nilai tukar rupiah tidak langsung terasa.

“(Dampaknya) tidak secara langsung ke rupiah,” ujar Nanang di Gedung Thamrin BI, Jakarta, Selasa 24 Juli 2018.

Ia mengatakan, SBI ini menjadi instrumen tambahan untuk instrumen surat berharga yang dilepas ke pasar. Menurutnya, ini juga ditujukan agar inflow dana asing semakin besar.

“Termasuk (sasarannya) investor asing agar memiliki pilihan dengan yield atraktif,” ujarnya.

Kenaikan BI 7-Day Reverse Repo Rate atau suku bunga acuan BI ke level 5,25 menurutnya bisa memberikan imbal hasil yang menarik bagi investor.

“Karena dengan kenaikan policy rate itu bagian dari upaya BI untuk menarik investasi di Indonesia dan juga untuk bank asing,” katanya.

Seperti dikutip dari Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) BI, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat pada perdagangan hari ini, Selasa 24 Juli 2018 berada di level Rp14.541 per dolar AS atau masih melemah dibanding Perdagangan kemarin, 23 Juli 2018 yang berada di level Rp14.454 per dolar AS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *