breaking news

Kandungan Siwak Ampuh Jaga Kesehatan Gigi

May 20th, 2018 | by bento bento
Kandungan Siwak Ampuh Jaga Kesehatan Gigi
Health
0

Ramadan menjadi bulan yang dinanti semua muslim di penjuru dunia. Di bulan penuh berkah ini, kita berlomba untuk mendulang pahala dan berjalan ke arah yang lebih baik. Langkah paling sederhana yang dilakukan, misalnya dalam menjaga kesehatan gigi.

Dokter spesialis ortopedi, drg. Nada lsmah, Sp.0rt, Dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia menjelaskan, penggunaan siwak sejak zaman dahulu memiliki alasan yang tepat. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia WHO, merekomendasikan Siwak sebagai alat pembersih gigi & mulut yang alami.

“Di dalam siwak terdapat 19 zat alami, seperti fluor, sulfur, anitiseptic astringent, chlorin, essenial oil, dan lain-lain. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mencegah berbagai masalah gigi, serta mulut,” ujar Nada, dalam peluncuran Sasha Halal Toothpaste, di kawasan Thamrin, Jakarta, Jumat 18 Mei 2018.

Siwak

Floride di dalam siwak, berfungsi melindungi email gigi, sehingga mencegah kerusakan sebagai perlindungan awal. Siwak juga mengandung silica yang memiliki manfaat sebagai abrasive plak gigi.

“Silika yang membuat gigi menjadi lebih keset dan terasa bersih. Lalu, ada klorida yang mampu menjadi pemutih gigi. Siwak juga bisa sebagai antiseptik yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri jahat,” lanjutnya.

Di dalam ranting siwak, kandungan vitamin c juga hadir untuk menjaga kebersihan mulut. Bahkan, siwak mampu menjaga kebersihan mulut dengan merangsang peningkatan cairan air liur.

“Vitamin c di siwak mampu menjadi penyembuh luka di sekitar mulut. Siwak juga memiliki esensial oil yang bekerja dengan cara merangsang peningkatan cairan ludah di mulut, sehingga kesehatan gigi dan mulut terus terjaga,” terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *