breaking news

Harga Minyak Mentah Dunia Stabil Pasca Tembus USD80/Barel

May 18th, 2018 | by bento bento
Harga Minyak Mentah Dunia Stabil Pasca Tembus USD80/Barel
Business
0

JAKARTA – Harga minyak mentah dunia bergerak stabil pada awal perdagangan hari ini, Jumat (18/5/2018) setelah sempat tembus level USD80 per barel. Meski sedikit terbebani oleh kekuatan dolar Amerika Serikat (USD), namun harga minyak dunia masih berada dalam jalur kenaikan tertinggi sejak 2014.

Dilansir Reuters hari ini, penurunan cepat pasokan minyak dari Venezuela serta ekhawatiran bahwa sanksi AS akan mengganggu ekspor dari Iran ditambah penurunan inventaris global. Kesemuanya berpadu untuk mendorong harga minyak melonjak hampir sebesar 20% di 2018.

Pertama kalinya sejak November 2014, silam pada perdagangan Kamis, kemarin harga minyak mencapai di atas USD0 per barel. Meski sesudahnya dolar yang terus mendaki mengiringi peningkatan output AS sedikit menahan lompatan harga minyak dunia.

Tercatat harga minyak menteh berjangka Brent mencapai intraday tinggi yakni USD80,50 per barel akan tetapi kemudian merelakan sebagian besar keuntungan untuk turun 2 sen menjadi USD79,30 per barel. Sedangkan minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) diperdagangkan tak berubah pada posisi USD71,49 per barel.

Sebelumnya WTI juga sempat ke posisi puncak sejak November 2014 di posisi USD72,30 per barel. Lesatan tersebut usai mendapatkan dukungan dari inventaris minyak mentah global serta bahan bakar yang telah turun tajam dalam beberapa bulan terakhir karena permintaan yang kuat dan pemangkasan produksi yang dipimpin OPEC.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak Dunia serta produsen global non-OPEC, seperti diketahui sudah mengekang produksi minyak mereka sejak awal 2017. Bahkan dalam pertemuan selanjutnya di Wina pada bulan Juni, bakal dibahas kembali mengenai kelanjutkan kebijakan pemotongan produksi bagi anggota OPEC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *