breaking news

Format Baru Copa del Rey Untungkan Tim Besar

June 3rd, 2018 | by bento bento
Format Baru Copa del Rey Untungkan Tim Besar
Sport
0

MADRID – Kompetisi tertua di Spanyol Copa del Rey atau Piala Raja akan berubah format pertama kalinya pada musim 2018/2019. Jika selama ini selalu memainkan laga kandang dan tandang dengan tim yang lolos ditentukan produktivitas gol (agregat) itu akan dihapus untuk msuim depan.

Format itu dinilai telah usang dan memakan waktu lebih lama. Format baru musim 2018/2019, pada babak 32 besar hingga babak final Copa del Rey hanya dimainkan dalam satu pertandingan. Tim yang menang di babak tersebut berhak untuk lolos ke tahap selanjutnya. Selain itu, tim-tim dari Liga Spanyol berhak tampil di babak 32 besar tanpa harus berlaga di babak kualifikasi.

Gebrakan ini mengundang banyak perdebatan di kalangan pecinta sepak bola di Spanyol. Pasalnya dengan format seperti itu, tim-tim dari La Liga Spanyol dinilai lebih diuntungkan. Mereka tanpa keringat tampil di babak 32 besar. Sementara itu tim lemah dari segunda divisi terbawah harus saling sikut di babak kualifikasi untuk lolos ke babak 32 besar.

Sejatinya, wacana pergantian format tersebut sudah ada pada musim 2017/2018. Namun tak direstui kepala FA Spanyol, Angel Maria Villar di saat itu. Hingga akhirnya ketua FA terbaru, Luis Rubiales bertemu dengan Kepala Liga Spanyol dan menyetujui format baru.

Sekadar informasi, Barcelona merupakan tim yang paling sering menjuarai kompetisi Copa del Rey. Mereka mengoleksi 30 trofi Copa del Rey. Di samping itu, Blaugrana juga merupakan juara bertahan setalah mampu mengalahkan Sevilla 5-0 di final Copa del Rey 2017/2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *