breaking news

Data dan Fakta Pertandingan Prancis vs Kroasia

July 15th, 2018 | by bento bento
Data dan Fakta Pertandingan Prancis vs Kroasia
Sport
0

MOSCOW – Prancis akan menghadapi ketangguhan Kroasia pada final Piala Dunia 2018 di Luzhniki Stadium, Moscow, Minggu (15/8/2018) pukul 22.00 WIB. Ini menjadi laga ulangan semifinal Piala Dunia 1998, dimana Prancis menang 2-1 saat itu.

Namun, situasi kini berbeda dibanding 20 tahun silam. Les Bleus membuat penampilan final Piala Dunia ketiga mereka, setelah memenangkan trofi di kandang pada tahun 1998 dan kalah dari Italia pada pertandingan 2006.

Sementara Kroasia tidak pernah mencapai final turnamen. Ini final pertama mereka, dan raihan terbaik mereka adalah semifinalis dalam debut penampilan di Piala Dunia pada tahun 1998 setelah mendapatkan kemerdekaan setelah pecahnya Yugoslavia.

Berikut fakta menarik jelang laga Prancis vs Kroasia seperti dilansir Reuters

1. Kroasia membutuhkan perpanjangan waktu dan penalti untuk mengalahkan Denmark di babak 16 besar dan Rusia di perempat final. Mereka juga membutuhkan waktu ekstra untuk mengalahkan Inggris di babak empat besar.

2. Kroasia telah memainkan lebih dari 360 menit sepak bola dalam tiga pertandingan tersebut, tidak termasuk waktu yang dihabiskan di lapangan untuk penalti dalam dua pertandingan. Prancis hanya membutuhkan 270 menit dalam tiga pertandingan fase knock-out mereka untuk mencapai final.

3. Setelah memuncaki grup, Prancis mengalahkan Argentina, Uruguay, dan Belgia untuk mencapai final tetapi tidak pernah membutuhkan lebih dari 90 menit setiap pertandingan.

4. Prancis mencetak tujuh gol dalam tiga pertandingan tersebut (vs Argentina, Uruguay dan Belgia), dua kali lebih banyak dari tiga pertandingan grup mereka (tiga gol).

5. Prancis juga memiliki satu hari istirahat tambahan setelah mengalahkan Belgia 1-0 di semifinal mereka pada Selasa (10/7/2018). Kroasia menang 2-1 setelah perpanjangan waktu melawan Inggris pada Rabu (11/7/2018).

6. Ini merupakan turnamen internasional kedua untuk Perancis dalam dua tahun, setelah mencapai final Piala Eropa 2016 di kandang, dan kalah dari Portugal di final.

7. Gelandang Luka Modric, striker Mario Mandzukic dan Ivan Perisic adalah top skor Kroasia di Piala Dunia Rusia dengan dua gol. Kroasia memiliki rata-rata dua gol per pertandingan, setelah mencetak 12 kali dalam enam pertandingan sejauh ini.

8. Modric yang berusia 32 tahun, yang akan memecahkan rekor Kroasia untuk sebagian besar penampilan Piala Dunia (saat ini 11) jika ia bermain di final, juga bekerja lebih keras daripada pemain lain di turnamen, setelah total menempuh jarak 63 km menurut statistik FIFA.

9. Pencetak gol terbanyak Prancis adalah Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe dengan masing-masing tiga gol di Rusia. Prancis telah mencetak total 10 gol dan kebobolan empat gol, satu lebih sedikit dari Kroasia yang kebobolan lima gol.

10 Satu pemain Kroasia yang tidak akan berada di final, bahkan di bangku cadangan, adalah striker Nikola Kalinic yang dikirim pulang dari Piala Dunia setelah menolak untuk tampil sebagai pemain pengganti dalam pertandingan pembukaan tim melawan Nigeria. Tapi, Pelatih Zlatko Dalic mengatakan itu terjadi sebelumnya, dalam pertandingan persahabatan melawan Brasil dan dalam sesi pelatihan. Kalinic tidak dapat digantikan sehingga Kroasia melanjutkan di turnamen dengan skuat 22 pemain.

11. Pertemuan sebelumnya: Prancis mengalahkan Kroasia 2-1 di semifinal Piala Dunia 1998 dengan dua gol dari Lilian Thuram. Presiden Federasi Sepak Bola Kroasia saat ini, Davor Suker menjadi striker di laga itu.

Secara total kedua belah pihak telah bertemu lima kali, dengan Prancis masih belum terkalahkan oleh Kroasia. Prancis telah memenangkan tiga pertandingan sementara dua berakhir imbang, termasuk pertemuan Piala Eropa 2004 mereka (2-2).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *