breaking news

Darmin Sebut Indonesia Berpeluang Jadi Pemain Ekonomi Syariah

July 25th, 2018 | by bento bento
Darmin Sebut Indonesia Berpeluang Jadi Pemain Ekonomi Syariah
Business
0

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebut Indonesia memiliki potensi untuk menjadi pemain kunci dalam berkembangnya ekonomi syariah di dunia. Sebab Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar dengan pangsa 12,7 persen dari total populasi muslim dunia.

“Namun ternyata, dari besarnya potensi global, Indonesia masih lebih banyak menjadi konsumen, bukan pelaku utama,” ujar Darmin saat membuka High Level Discussion bertajuk Indonesia Pusat Ekonomi Islam Dunia, di Gedung Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Rabu, 25 Juli 2018.

Padahal besarnya potensi Indonesia tidak hanya terlihat dari jumlah penduduk, melainkan juga berbagai kegiatan yang melibatkan sektor keuangan dan riil seperti industri syariah. Apabila ditilik dari pangsa pengeluaran penduduk muslim dunia pada tahun 2016, Indonesia bisa menyumbang sekitar 12 persen. “Pangsa tersebut diproyeksikan akan meningkat dari US$ 2,1 triliun menjadi US$ 3 triliun pada 2022,” kata Darmin.

Bila dilihat lebih detail, kata darmin, pengeluaran konsumsi transaksi makanan mencapai US$ 1,2 miliar atau 17 persen dari pengeluaran konsumsi makanan global di 2016. Besar pasar makanan pada 2016 bisa mencapai US$ 169,7 miliar dan diproyeksi meningkat menjadi US$ 1 triliun pada 2030.

“Pada sektor kosmetik, obat-obatan dan busana muslim, Indonesia masuk ke dalam lima besar konsumen terbesar, tapi kita tidak masuk lima besar negara pengekspor,” ujar Darmin.

Angin segar terlihat pada sektor pariwisata yaitu Indonesia menduduki peringkat 4 negara anggota OKI dengan kunjungan turis terbanyak. Indonesia mencatatkan pengeluaran wisata muslim global sebesar US$ 169 miliar atau 11,8 persen dari pengeluaran konsumsi wisata global.

Begitu pula pada industri keuangan syariah, Indonesia berhasil naik peringkat dari peringkat 9 di 2016 ke peringkat ketujuh pada 2017. Aset keuangan syariah Indonesia pada periode itu naik menjadi US$ 81,8 miliar dari US$ 47,6 miliar pada 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *