breaking news

Begini Agar Tidak Stres di Tempat Kerja Selama Berpuasa

May 17th, 2018 | by bento bento
Begini Agar Tidak Stres di Tempat Kerja Selama Berpuasa
Health
0

JAKARTA – Bulan suci Ramadhan baru saja dimulai. Di bulan ini, umat muslim diminta agar lebih banyak beribadah, menahan hawa nafsu dan juga lebih bersabar. Meski begitu, masa-masa ini juga bisa memberikan tekanan bagi mereka yang bekerja.

Tak jarang, orang jadi kehilangan mood, tak bersemangat saat bekerja dan juga malas saat harus berpuasa di tempat kerja. Padahal, hal-hal tersebut bisa diatasi dengan sejumlah cara.

Menurut Rob Donker, profesional kesehatan, kunci untuk tetap siaga selama jam-jam berpuasa dan bekerja adalah beristirahat tiap 30 menit. Saat beristirahat, bisa dimanfaatkan untuk berjalan-jalan selama 5 menit baik di dalam kantor atau pun di luar gedung.

“Ini akan membantu mempertahankan kewaspadaan dan membuat badan tetap siaga karena pada pekan pertama Ramadhan, tubuh akan mengalami kelelahan,” papar Donker, seperti dikutip Khaleej Times.

Donker juga memaparkan, duduk dalam waktu lama, terutama saat puasa, justru menyebabkan stres pada pikiran dan tubuh. “Ketika kalian duduk, kalian berada di kondisi yang tidak alami. Kita tidak dirancang untuk tetap duduk—kita punya lebih dari 600 otot dan lebih dari 300 persendian di tubuh kita—kita dirancang untuk bergerak,” tutur dia.

Selain itu, sistem pencernaan juga terlepas ketika duduk dalam waktu lama. Ini akan menyebabkan dampak negatif terhadap mood orang yang berpuasa, apalagi jika orang itu menyantap makanan berat saat sahur. Duduk juga menyebabkan orang jadi kurang bernapas.

“Ini soal bernapas dengan benar. Kalau kalian dalam posisi duduk, kalian tidak bisa mengembungkan paru-paru kalian hingga kapasitas penuh—kalian mungkin hanya bernapas sekitar 60—70% dari kapasitas penuh kalian. Otak akan menerima oksigen lebih sedikit dan ini akan menyebabkan efek besar terhadap mood dan kewaspadaan kalian, hingga menyebabkan stres yang lebih besar,” ujar dia.

Sementara, Shaimaa Mashal, spesialis di Bareen International Hospital, menyebutkan, makan makanan sehat dan bergizi saat buka dan sahur punya dampak signifikan terhadap stres yang dialami orang pada keesokan harinya. “Kualitas dan kuantitas makana itu penting—menambah buah dan sayur membantu energi, sementara, makan lemak, karbohidrat, garam dan gula, menyebabkan orang merasa lemas karena peningkatan glukosa di dalam tubuh,” papar dia.

Menambah asupan air saat berbuka dan sahur juga membantu mempertahankan mood yang lebih baik di tempat kerja. “Kalau kalian mengikuti diet sehat Ramadhan dan minum banyak air, maka kalian akan merasa lebih tenang di tempat kerja, karena hormon kalian ada di jarak normal,” tutur dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *