breaking news

4 Minuman yang Bisa Redakan Asam Lambung Naik Saat Puasa

May 29th, 2018 | by bento bento
4 Minuman yang Bisa Redakan Asam Lambung Naik Saat Puasa
Health
0

JAKARTA – Masalah asam lambung naik kerap dikeluhkan saat berpuasa Ramadhan. Agar tak lagi kambuh, ada sejumlah minuman yang dapat membantu mengatasi nyeri perut.

Masalah pencernaan seperti asam lambung naik merupakan salah satu masalah yang kerap dikeluhkan selama menjalankan puasa Ramadhan. Agar terhindar dari kekambuhan dan menjalankan puasa secara lancar, penting untuk menjaga asupan makanan.

Selain itu, ada beberapa minuman yang dipercaya dapat membantu membebaskan rasa nyeri di perut selama menjalankan puasa. Berikut ulasannya seperti dikutip dari Sociolla.

1. Susu rendah lemak
Minuman Tolak Asam Lambung
Untuk meredakan asam lambung, pilih susu rendah lemak. Susu dengan kandungan lemak yang rendah akan mudah dicerna oleh lambung dan tidak akan membuat kadar asam lambung semakin meningkat. Selain susu sapi rendah lemak, Anda juga dapat mengonsumsi susu almond atau susu kedelai. Susu almond memiliki kandungan alkaline, sedangkan susu kedelai memiliki kandungan lemak rendah yang bermanfaat untuk meredakan asam lambung.

2. Jahe hangat
Minuman Tolak Asam Lambung
Jahe mempunyai efek gastroprotektif yang bisa menghambat asam dan menekan bakteri helicobacter pylori. Selain itu, jahe juga akan merangsang produksi air liur dan membersihkan asam yang berada di kerongkongan. Kandungan fenol di dalam jahe berperan sebagai antioksidan, anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi dan menetralisir kadar asam lambung.

Untuk membuat minuman jahe hangat, Anda cukup mencampurkan parutan jahe kedalam air hangat dan tambahkan madu. Mengonsumsi jahe hangat secara rutin, akan membantu menghilangkan rasa mual dan sembuh dari penyakit asam lambung.

3. Air kelapa
Minuman Tolak Asam Lambung
Kadar asam lambung yang meningkat dan berlebihan hingga menimbulkan mual dan nyeri bisa diredakan dengan air kelapa. Selain berfungsi sebagai isoton alami, air kelapa juga berkhasiat untuk mengatasi ketidaknyamanan yang diakibatkan oleh naiknya kadar asam lambung.

Air kelapa mengandung kalium yang bermanfaat untuk membuat pH asam dalam tubuh menjadi basa sehingga dapat menetralisir asam lambung yang berlebihan. Mengkonsumsi segelas air kelapa tanpa gula setelah makan sahur atau berbuka, dapat membantu Anda terhindar dari penyakit asam lambung selama puasa.

4. Jus buah dengan kandungan asam rendah
Minuman Tolak Asam Lambung
Pastikan memilih buah dengan kandungan asam yang rendah. Seperti wortel, semangka, mentimun dan pisang. Buah-buahan tersebut mengandung alkali dan serat yang dapat membantu menetralisir kadar asam lambung dan melancarkan pencernaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *