Read Time:3 Minute, 50 Second

3 Rahasia Kulit Bercahaya dengan Menjaga Kesehatan Holistik

TEMPO.COJakarta – Anda mungkin sering bertanya-tanya mengapa beberapa orang memiliki kulit bercahaya alami sementara yang lain tidak. Apakah mereka menggunakan beberapa obat mujarab atau produk peremajaan kulit untuk mendapatkan cahaya di wajah mereka? Meskipun beberapa produk berbahan kimia yang tersedia di pasaran dapat membuat kulit Anda bercahaya, produk tersebut mungkin tidak bertahan lama. Produk semacam itu seringkali memiliki efek jangka panjang yang mengerikan pada kulit Anda.

Menurut Shikha Dwivedi, nutrisi klinis dan dietika, kesehatan kulit adalah hasil gabungan dari genetika, lingkungan, dan kesehatan holistik Anda. Sejak lama, telah dipahami bahwa kesehatan seseorang secara keseluruhan tercermin dari penampilan luarnya. Seseorang dengan pikiran yang sehat dan tubuh yang sehat akan memiliki kulit bercahaya alami. Sebab itu, anggapan bahwa perawatan kulit dimulai dari kulit adalah salah paham. Meskipun genetika mungkin tidak berada dalam kendali kita, dua faktor lainnya jelas merupakan sesuatu yang dapat ditingkatkan untuk mendapatkan kulit yang bercahaya dan sehat.

Studi ilmiah telah membangun hubungan yang kuat antara kesehatan kulit dan kesehatan. Misalnya, telah menunjukkan hubungan yang tumpang tindih antara usus, gangguan mood seperti kecemasan dan depresi dan kondisi kulit seperti jerawat. Pengamatan klinis telah menghubungkan stres psikologis dengan timbulnya atau bertambahnya penyakit kulit ganda. Bahkan Anda mungkin telah memperhatikan kulit Anda sendiri terlihat kusam pada hari-hari ketika Anda sedang stres.

Kulit adalah organ tubuh terbesar yang bertanggung jawab untuk menjaga homeostasis antara lingkungan eksternal dan jaringan internal. Seseorang yang tidak mengikuti gaya hidup sehat, kemungkinan besar akan menderita stres dan penyakit lainnya, yang pada gilirannya dapat berdampak negatif pada kesehatan kulit.

Perawatan kulit tidak boleh dilihat secara terpisah. Kunci untuk kulit bercahaya adalah mempraktikkan kesehatan holistik melalui nutrisi yang tepat, hidrasi, dan gaya hidup sehat. Ada berbagai komponen kesehatan holistik, seperti ketahanan mental, kesehatan usus, kebersihan tidur, dan kebugaran fisik. Masing-masing komponen tersebut berdampak pada kesehatan kulit. Keseimbangan yang tepat dari semua komponen ini diperlukan agar kulit Anda berfungsi secara optimal.

Sementara kesehatan mental membutuhkan kerja fisik dan emosional, kesehatan usus mengharuskan Anda untuk memantau apa dan bagaimana Anda makan dan pilihan gaya hidup Anda. Demikian pula, Anda harus terlibat dalam aktivitas fisik dan mengikuti rutinitas tidur yang tepat untuk kebugaran fisik dan kebersihan tidur.

Berikut adalah beberapa cara mempraktikkan kesehatan holistik untuk kulit bercahaya:

1. Pola makan yang sehat dan seimbang

Makanan yang baik sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan membantu mencegah berbagai masalah kesehatan. Ketika kita berbicara tentang makanan enak, itu bukan hanya tentang rasanya. Sebaliknya, makanan yang baik adalah tentang bagaimana bergizi, seimbang dan memperkaya itu untuk tubuh kita. Banyak penyakit yang kita derita adalah produk sampingan dari pilihan makanan. Hal ini juga berlaku untuk kesehatan kulit Anda.

Misalnya, penelitian menghubungkan makanan dengan indeks glikemik tinggi (GI) dengan jerawat. Jadi yang terbaik adalah menghindari makanan olahan dan makanan manis dengan GI tinggi. Pemanis Buatan adalah larangan besar lainnya jika Anda ingin menjaga kesehatan kulit karena telah dikaitkan dengan jerawat, kerutan, dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Cara terbaik untuk menghindari konsekuensi negatif seperti itu adalah dengan tetap berpegang pada makanan bersih dan nabati, termasuk buah-buahan, sayuran berdaun hijau, biji-bijian dll, di piring Anda karena mereka secara alami penuh dengan semua komponen yang diperlukan dan dapat melakukan keajaiban bagi kesehatan kulit Anda.

2. Pilih suplemen berbais tanaman

Ini adalah fakta yang diketahui bahwa kolagen adalah protein yang sangat penting yang menjaga kesehatan kulit. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen berkurang dalam tubuh yang menyebabkan garis-garis halus, kerutan, dan masalah kulit lainnya. Menambahkan pembangun kolagen nabati dapat membantu meningkatkan kemampuan produksi kolagen alami tubuh yang mengarah ke kulit muda dan bercahaya. Kekurangan beberapa vitamin dapat menyebabkan kekeringan, kendur dan pigmentasi juga. Selain diet seimbang, penambahan suplemen vitamin dan mineral nabati juga terbukti sangat membantu dalam menjaga kesehatan kulit Anda. lMisalnya, suplemen Vitamin E nabati kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi kerusakan sel dan membuat kulit bercahaya.

3. Konsistensi itu penting

Terakhir, mengikuti rutinitas hari demi hari sangat penting untuk kesuksesan dalam apa pun yang ingin Anda lakukan dalam hidup. Ini berlaku untuk perawatan kulit serta kesehatan holistik. Bangun rutinitas kesehatan kulit yang berfokus pada kesehatan holistik dengan nutrisi nabati yang bersih, penggunaan produk kecantikan yang bersih, latihan fisik, dan kesejahteraan mental. Berkemas setidaknya 7-8 jam tidur setiap hari. Dan jangan lupa untuk menghidrasi diri sendiri. Selain itu, menambahkan teknik yoga kuno yang telah terbukti ke dalam rutinitas harian Anda juga dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan dan kulit Anda secara keseluruhan. Berfokus pada kesehatan holistik pasti dapat melakukan keajaiban tidak hanya untuk kulit Anda tetapi juga kesehatan secara keseluruhan. Bersabarlah dan terus ikuti rutinitas untuk melihat hasil yang terlihat pada kesehatan kulit.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.