breaking news

3 Cara Mencegah Hipertensi Tanpa Obat

June 24th, 2018 | by bento bento
3 Cara Mencegah Hipertensi Tanpa Obat
Health
0

JAKARTA – Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi, di mana tekanan darah berada pada nilai 130/80 mmHg atau lebih. Hipertensi sendiri terbagi menjadi hipertensi primer dan sekunder. Namun, hingga saat ini hipertensi primer belum diketahui pasti penyebabnya.

Berbeda dengan hipertensi primer, hipertensi sekunder dipicu oleh beberapa kondisi, di antaranya penyakit ginjal, kehamilan, penyakit kelejar tiroid, tumor kelenjar adrenal, kelainan bawaan pada pembuluh darah, kecanduan alkohol hingga konsumsi obat-obatan seperti batuk pilek, pil KB, penurun panas dan pereda rasa sakit.

Selain kodisi tersebut, hipertensi juga bisa disebabkan oleh usia, keturunan, obesitas, terlalu banyak konsumsi garam, kurang aktivitas fisik serta merokok. Jika dibiarkan, jantung harus bekerja keras memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh hingga menyebabkan berbagai macam penyakit mulai dari gagal ginjal, stroke dan jantung.

Karena itu, hipertensi harus dikelola dengan baik. Selain menggunakan obat-obatan, kondisi ini juga bisa diatasi tanpa menggunakan obat-obatan. Berikut ulasannya seperti dilansir Mayo Clinic.

1. Atasi stres
Stres bisa menjadi salah satu penyebab hipertensi akibat kebiasaan melampiaskan stres dengan mengonsumsi makanan yang tidak sehat, konsumsi alkohol dan merokok. Atasi stres dengan cara meredakan stres seperti bercengkerama atau jalan-jalan.

2. Olahraga
Mereka yang mengalami hipertensi namun rutin berolahraga selama 150 menit per minggu atau sekitar 30 menit setiap hari dapat menurunkan tekanan darah 5 hingga 8 mmHg. Olahraga yang dilakukan bisa berupa jogging, berenang, menari dan bersepeda. Namun pastikan Anda melakukannya secara rutin pasalnya jika berhenti berolahraga, hipertensi akan kembali muncul.

3. Rutin cek tekanan darah
Pastikan Anda rutin memeriksa tekanan darah. Pemeriksaan bisa dilakukan sendiri di rumah dengan alat pengukur tensi atau melakukan pemeriksaan langsung di dokter. Cara ini bisa mencegah hipertensi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *